• Sun. Nov 29th, 2020

Damush

Think – Understand – Remember – Be Grateful

Sumbu x Berupa Format Tanggal atau Waktu pada Grafik dengan MATLAB

Memplot suatu grafik pada MATLAB sangat mudah, yaitu hanya dengan perintah plot(Y), dimana Y merupakan nilai dari sumbu y. Jika kita tidak mengatur nilai pada sumbu x, maka secara otomatis MATLAB akan memberikan nilai sumbu x dengan urutan 1 sampai berapa banyak jumlah data dari Y.

Misalnya seperti berikut:
Saya mengisi variabel Y dengan nilai random trus memplotnya
Y=rand(10,1);
plot(Y)

maka muncul grafik seperti berikut

Terlihat bahwa secara otomatis nilai pada sumbu x akan diset menjadi 1 sampai 10.

Tidak tertutup kemungkinan suatu waktu kita mempunyai tugas untuk membuat grafik di mana sumbu x nya merupakan format tanggal atau waktu.
Berikut cara mengatur agar sumbu x pada grafik berupa format tanggal

X=1:10;
plot(datenum(2010,03,X),Y)
grid on
datetick('x',1,'keeplimits','keepticks')

Maka akan menghasilkan grafik seperti ini

Penjelasan:

Perintah datenum(2010,03,X) merupakan perintah untuk mengubah format tanggal dan waktu ke format angka. Pada contoh, saya menggunakan format 2010 03 X, artinya Year Month Day. Jadi tahun 2010, bulan Maret, dan tanggal dari 1 sampai 10.

Perintah datetick('x',1,'keeplimits','keepticks') merupakan perintah untuk mengubah nilai angka yang telah diubah dengan datenum kembali menjadi format tanggal atau waktu. ‘x’ berarti bahwa kita akan mengubah format dari sumbu x. Angka 1 menunjukkan format number untuk format tanggal seperti ‘dd-mmm-yyyy’. Untuk format yang lain dapat dilihat pada tabel berikut

'keeplimits' berguna untuk menetapkan batas sumbu x. Sedangkan 'keepticks' untuk memformat sumbu x tanpa mengubah lokasi nilai X yang telah ditetapkan.

Sekian
Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *