• Sun. Oct 17th, 2021

Damush

Think – Understand – Remember – Be Grateful

Mengenal DataRobot

Beberapa di antara kita mungkin sudah mengenal dan sangat familiar dengan DataRobot karena sering menggunakannya dalam pekerjaan atau project-project lainnya. Namun tidak sedikit juga di antara kita yang masih belum mengenal DataRobot. Nah, dalam tulisan singkat ini, yuk kita saling berbagi informasi mengenai DataRobot.

DataRobot didirikan pada tahun 2012 oleh Jeremy Achin dan Tom de Godoy dengan lokasi kantor pusatnya berada di Boston, Massachusetts, Amerika. DataRobot sendiri mengklaim dirinya sebagai AI Cloud Leader, dimana memberikan satu kesatuan platform untuk semua user, semua tipe data, dan semua environment dalam menciptakan sistem Artificial Intelligence untuk semua organisasi.

Ada berbagai fitur yang sangat menarik pada DataRobot, di antaranya sebagai berikut

Data Engineering

Pada fitur ini terdapat 2 klasifikasi yaitu Data Preparation dan Feature Discovery. Data Preparation sangat berguna untuk mempersiapkan data yang akan kita gunakan sebagai data training dalam machine learning. Pada fitur ini kita dapat dengan mudah melakukan proses cleansing data, apalagi dibantu dengan adanya fitur filtergram yang cukup membantu untuk proses exploratory data analysis atau untuk melihat outliers pada sebuah data. Sedangkan pada Feature Discovery merupakan sebuah tools pada DataRobot yang memberikan kita rekomendasi kolom mana saja yang memberikan pengaruh kuat terhadap kolom Target.

Machine Learning

Terdapat 3 klasifikasi yaitu: AutoML, Automated Time Series, dan Zepl Notebooks. Fitur AutoML sepertinya merupakan fitur wajib di setiap service yang berhubungan dengan machine learning, seperti halnya di Azure ML atau di platform seperti Amazon dan Google, DataRobot juga memberikan fitur ini. Fitur Automated Times Series juga ada pada DataRobot, fitur ini sangat memudahkan para data scientist untuk bekerja dengan data yang bersifat time series. Fitur Zepl Notebooks merupakan fitur yang menyediakan notebook untuk membuat code atau data analysis. Fitur ini hampir sama dengan fitur Azure Databricks meskipun dengan berbagai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

MLOps

Pada fitur ini DataRobot cukup memanjakan para DevOps dengan berbagai kemudahan dalam men-deploy sebuah model machine learning. Terdapat juga dashboard untuk memonitor model yang sudah di deploy. Selain itu fitur yang cukup menarik adalah adanya pemantauan data shift. Data shift merupakan kondisi di mana tingkat akurasi dari sebuah model yang turun cukup jauh, yang biasanya disebabkan karena perubahan distribusi data dari waktu ke waktu. Pada DataRobot kita dapat mengatur nilai minimum akurasi sebagai indikator data shift, sehingga dapat men-trigger rekomendasi untuk dilakukan proses training ulang dari model tersebut.

DataRobot Python Package

DataRobot Python Package

Fitur ini memberikan kemudahan bagi kita untuk mengeksplor lebih jauh berbagai fitur di DataRobot dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Di sini telah disediakan library yang berhubungan dengan DataRobot.

Ada berbagai macam kemudahan dan fitur-fitur lainnya yang terdapat pada DataRobot yang cukup memberikan perbedaaan dengan platform AI lainnya. Namun di antara berbagai kemudahan-kemudahan tersebut tentunya mendapatkan konsekuensi biaya yang tidak murah untuk menggunakannya. Memang DataRobot tidak menampilkan harga dari layanan yang ditawarkan di websitenya, akan tetapi dari berbagai sumber yang kami temukan memang harga layanan DataRobot lumayan mahal.

Cukup sekian pembahasan tentang DataRobot, jika teman-teman ada tambahan silakan ditulis di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *